• Blog
  • /
  • 02/12/2022
  • Bagaimana Data Hasil Riset Mampu Menggambarkan Kenyataan?

  • Admin ID
  • Dec 02, 2022
  • Impelementasi Data Hasil Riset - Indonesia Data

    Pertanyaan yang mungkin ada dibenak anda: “Apakah data hasil riset ini dapat dipercaya?”, “Apakah data hasil riset ini dapat menggambarkan fakta di lapangan?”, dan “Bagaimana data hasil riset mampu memberikan gambaran fakta di lapangan atau sesuai kenyataan?”.

    Untuk menjawab pertanyaan di atas, dapat dilihat dari sudut pandang kita terhadap sebuah riset dan data. Secara objektif, apabila kita terbiasa dengan pengambilan keputusan berdasarkan data dan informasi yang valid, kita dapat mempercayai bahwa data dan informasi yang disampaikan benar dan dapat memberikan gambaran dari kenyataan.

    Secara subjektif, kalau kita terbiasa diberikan informasi yang keliru, bisa jadi hal demikian dapat menstimulus anda untuk meragukan apa yang ditampilkan dalam hasil riset bahkan menjadi tidak percaya dengan hasil riset tersebut.

    Sehingga terdapat faktor dominan yang mempengaruhi ini, yakni: Integritas, Kredibiltas, dan Independensi. Integritas dilihat dari person in charge dengan kapabilitas yang dimilikinya. Kredibilitas dilihat dari proses dalam menjalankan aktivitas dalam hal ini riset yang sesuai prosedur ilmiah atau tidak. Independensi dilihat dari keberpihakan lembaga tersebut apakah memiliki kecenderungan terhadap satu pihak atau tidak.

    Membangun tiga faktor tersebut tidak bisa dalam waktu yang singkat. Butuh waktu untuk membuktikannya dan pengalaman yang matang dalam melewatinya. Validasi dari publik di era saat ini sangat diperlukan dan bahkan menjadi tolok ukur yang dominan untuk menjawab keraguan terhadap sebuah riset.

    Talenta Data Indonesia (Indonesia Data) menyadari hal demikian sedari awal. Oleh karenanya, kami bereksperimen dengan pendekatan yang berbeda dan sesuai dengan perkembangan saat ini, terkhusus di Indonesia. Tahap awal, kami menghadirkan sebuah situs sederhana sebagai desiminasi hasil riset untuk bisnis dan industri yang mudah diakses dan produknya (laporan riset dan dataset) dijual dengan harga terjangkau.

    Ilustrasi Implementasi Data Hasil Riset

    Ilustrasi Implementasi Data Hasil Riset.

     

    Bagaimana Data Hasil Riset Kami Dapat Membantu Bisnis Anda?

    Dalam artikel ini, saya akan memberikan studi kasus dengan data yang kami miliki. Ini akan membantu anda dalam memahami peran dan fungsi data dalam implementasi bisnis secara nyata.

    Mulai dari fundamental riset konsumen

    Kami adalah perusahaan riset pasar yang memiliki spesialisasi di bidang riset konsumen dari riset industri. Dengan pengalaman person in charge lebih dari satu dekade di bidang ini, riset konsumen dan riset industri sudah menjadi rutinitas kami.

    Apa itu riset konsumen? Riset konsumen adalah upaya penelitian/riset untuk menyelidiki dan mengetahui perilaku konsumen terhadap pemenuhan kebutuhan dari suatu produk. Untuk lebih lengkapnya, bisa baca artikel seriesnya: Riset Konsumen: Mengukur Kinerja Suatu Merek.

    Tentunya, dalam melakukan riset terdapat kaidah riset yang harus dipenuhi untuk memenuhi standar kredibiltas dan meraih kepercayaan publik. Saat ini, selain kami menjalankan riset konsumen dengan metodologi yang telah umum digunakan para peneliti pasar lainnya, kami juga sedang mengembangkan metodologi dan teknologi yang lebih efektif dan efisien untuk diterapkan di masa yang akan datang.

    Publikasi yang kami hadirkan secara eksklusif di Indonesia Data merupakan hasil riset independen yang kami lakukan dengan mengikuti prosedur ilmiah dengan melalui tahapan verifikasi, validasi, kurasi hingga kepada penyusunan laporan. Salah satu tujuan kami adalah desiminasi hasil riset yang dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan untuk kebutuhan dan keperluannya masing-masing.

     

    Penetrasi konsumen dan market share

    Dalam riset konsumen yang kami publikasikan, dua variabel yang akan kita jadikan studi kasus adalah penetrasi konsumen dan market share. Penetrasi adalah tingkat penerimaan sebuah produk yang ada di pasaran dengan melihat penggunaan atau konsumsi atau kepemilikan oleh masyarakat. Market share adalah jumlah penjualan produk atau komoditas suatu penjualan dibandingkan dengan penjualan produk atau komoditas itu dalam industri atau penghasil secara keseluruhan.

    Dalam hirarki riset kami (kuesioner maupun laporan riset), kita perlu mengetahui dahulu penetrasi konsumen terhadap sebuah produk, baru selanjutnya mengukur perilaku konsumen terhadap produk tersebut yang mana salah satunya adalah market share by brand share (brand used most often).

    Dalam riset kami, karakter konsumen Indonesia itu dibagi atas dua yakni:

    1. Produk yang digunakan oleh personal.

    Penetrasi konsumen untuk minuman energi diberi judul Konsumsi Minuman Energi Sebulan Terakhir 2022. Hasil riset kami menunjukkan di Kota Semarang, persentase penetrasi konsumen untuk minuman energi adalah 15,3%. Bagaimana data ini dapat memberikan gambaran faktual di lapangan? Anda dapat langsung mengalikan hasil persentase dengan jumlah penduduk di Kota Semarang.

     

    Rumus untuk menghitung nilai sebenarnya dari hasil riset. Sumber: Talenta Data Indonesia.

     

    Jumlah penduduk di Kota Semarang berdasarkan data yang kami miliki: Statistik Kependudukan Indonesia 2021 adalah 1.656.564 jiwa. Bila dikalikan hasil persentase di atas maka diperoleh sekitar 253 ribu yang mengonsumsi minuman energi di masa waktu sebulan terakhir.

    Temuan ini, bisa dimanfaatkan oleh pemilik merek (brand) minuman energi untuk memaksimalkan potensi penjualannya.

    Setelah kita mengetahui berapa tingkat penetrasinya, bagaimana kalau ingin melihat brand apa yang paling banyak dikonsumsi oleh konsumen di Kota Semarang? Itu bisa didapat di data kami dengan judul Market Share Minuman Energi 2022. Hasil riset kami menunjukkan, 56,5% konsumen di Kota Semarang mengonsumsi minuman energi paling sering dengan merek Extra Joss.

    Bila dikalikan dengan total penetrasinya maka diperoleh sekitar 143 ribu konsumen di Kota Semarang yang mengonsumsi Extra Joss sebagai merek minuman energi yang paling sering dikonsumsi.

    Temuan ini, bisa dimanfaatkan oleh pemilik brand minuman energi untuk melihat peta persaingannya dan menyusun strategi yang lebih unggul untuk mengambil pangsa pasarnya.

     

    2. Produk yang digunakan oleh rumah tangga.

     

    Kepemilikan Magic Com 2022

    Kepemilikan Magic Com 2022. Sumber: Indonesia Data.

     

    Penetrasi konsumen rumah tangga untuk pananak nasi diberi judul Kepemilikan Magic Com 2022. Hasil riset kami menunjukkan persentase di Kota Semarang sebesar 96,4%. Artinya terdapat 96,4% rumah tangga yang memiliki penanak nasi (magic com).

    Jumlah rumah tangga di Kota Semarang berdasarkan data kami di Profil SES Indonesia 2021 adalah 501.989 rumah tangga. Bila dikalikan dengan persentase di atas maka terdapat sekitar 483 ribu rumah tangga yang memiliki magic com.

    Selanjutnya, bagaimana kita ingin melihat merek magic com apa yang dimiliki oleh konsumen di Kota Semarang? Itu bisa didapat datanya dengan judul Magic Com yang Dimiliki 2022. Hasil riset kami menunjukkan 41,7% rumah tangga di Kota Semarang memiliki magic com dengan merek Miyako. Bila dikalikan dengan total penetrasinya maka diperoleh sekitar 201 ribu rumah tangga yang memiliki magic com dengan merek Miyako.

     

    Catatan penutup

    Demikian studi kasus yang kami contohkan dalam menjawab pertanyaan: “Bagaimana Data Hasil Riset Mampu Menggambarkan Kenyataan?”. Tentunya hasil riset di atas telah melewati proses yang cukup panjang dari riset desain hingga pembuatan laporan. Melakukan verifikasi, validasi, pembobotan nilai, kurasi, dan lainnya.

    Perlu diketahui, dengan metodologi riset kuantitatif yang kami terapkan, tentu terdapat Margin of Errors (MoE). Dalam publikasi Profil Konsumen Indonesia 2022, MoE secara total mencapai ± 2-3%. Untuk mengetahui detailnya dapat chat bersama Admin Indonesia Data di Whatsapp Business yang tersedia.

    Peluang pemanfaatan hasil riset di atas baru sebagian kecil yang dicontohkan dalam artikel yang cukup panjang ini. Banyak hal dan kemungkinan lainnya yang bisa dimanfaatkan dengan data dan laporan riset kami di Indonesia Data. Data dan laporan riset tersebut bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, tidak terbatas dari pemilik merek, dari kalangan lain seperti akademisi, mahasiswa maupun praktisi/profesional dapat memanfaatkan datanya. Inilah inklusivitas yang merupakan salah satu tujuan kami.


    Artikel ini ditulis oleh Reza pada Jumat, 2 Desember 2022.
    Login
    X