• Insight
  • /
  • 20/06/2022
  • Market Share: Pengertian dan Manfaat Dalam Bisnis

  • Admin ID
  • Jun 20, 2022
  • Market Share - Indonesia Data

    Pengertian Market Share

    Market Share atau Pangsa Pasar adalah jumlah penjualan produk atau komoditas suatu penjualan dibandingkan dengan penjualan produk atau komoditas itu dalam industri atau penghasil secara keseluruhan.

    Bagaimana maksudnya?

    Perhatikan ilustrasi berikut. Pada satu pizza bundar utuh di atas loyang. Misal kamu dapat ½ potongan dari pizza tersebut. Kita analogikan kamu mewakili suatu perusahaan dan pizza tadi sebagai market share. Hal ini berarti perusahaanmu memperoleh market share sebesar 50%, sedangkan 50% lainnya diperebutkan oleh kompetitor.

    Ilustrasi Market Share

    Ilustrasi Market Share.

    Manfaat Market Share

    Untuk perusahaan

     

    Dengan mengetahui data market share, perusahaan akan mampu untuk mengetahui posisi bisnis perusahaannya bila dibandingkan dengan pesaing bisnis yang serupa. Contoh untuk kategori produk Mie Instan, terdapat data market share mie instan 2020.

    grafik 1 market share mie instan menurut total 2020

    Grafik 1 – Market Share Mie Instan Menurut Total, 2019 & 2020. Sumber: Talenta Data Indonesia/Indonesia Data.

    Berdasarkan grafik 1 di atas, kita dapat melihat bahwa merek Indomie dari Indofood menguasai pangsa pasar dari mie instan pada tahun 2019 & 2020 di Indonesia. Berapa besaran angkanya? Anda dapat memiliki datanya dengan membeli di Indonesia Data.

    Jika kita lihat dalam scope yang lebih luas terdapat merek Supermi, Sarimi, Sakura yang mana merek tersebut masih dalam satu perusahaan induk yakni Indofood, maka terlihat jelas bahwa Indofood berdasarkan riset kami adalah penguasa pangsa pasar Mie Instan di Indonesia.

    Kembali lagi ke tujuan dari mengetahui pangsa pasar, dengan kita mengetahui dan memiliki datanya, ini dapat menjadi bukti empiris untuk memberikan masukan dalam perencanaan strategi perusahaan dan bisnis yang akan datang.

    Selain itu, market share dapat dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan bisnis dan bahan evaluasi perusahaan. Misalnya: Apakah perusahaan kita sebagai pemimpin pangsa pasar? Apakah merek kita diminati pasar? Apakah jarak dengan pesaing semakin dekat? Atau sebaliknya, seberapa jauh perusahaan kita dengan sang leader? Atau jangan-jangan kita tertinggal jauh di belakang?

    Untuk investor

     

    Bagi investor, market share juga dapat menjadi salah satu variabel yang dipertimbangkan sebelum mereka menanamkan modal di suatu perusahaan, disamping variabel-variabel lainnya seperti profitabilitas, asset, liabilitas, dan sebagainya.


    Demikian artikel kami mengenai pengertian dan manfaat dari market share dalam bisnis. Ini adalah bagian dari seri artikel Market Share dari Indonesia Data. Terus kunjungi halaman Insight Indonesia Data untuk melihat artikel terbaru kami.


    Artikel ini ditulis oleh Aryono Kurnianto, Manajer Riset di Talenta Data Indonesia.
    Telah berkiprah di bidang riset konsumen lebih dari 10 tahun. Riset konsumen adalah bidang
    yang menarik baginya karena dapat mengetahui bagaimana persaingan bisnis secara "real and up-to-date".
    Login
    X