• SES
  • /
  • 16/03/2022
  • Variabel SES dan Analisis SES

  • Admin ID
  • Mar 16, 2022
  • Variabel dan Analisis SES - Indonesia Data

    Artikel ini membahas variabel SES dan cara analisis SES yang digunakan oleh Indonesia Data (Talenta Data Indonesia) dalam melakukan riset dan publikasi laporan bisnis.

    Pada artikel sebelumnya dengan judul Mengenal Istilah SES, kita telah mengetahui pengertian dari SES, klasifikasi SES hingga tabel skor dan kategori SES. Secara singkat, SES singkatan dari Socio-Economic Status atau dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai Status Sosial Ekonomi.

    Variabel SES

    Untuk menentukan individu maupun rumah tangga kedalam kelas SES, terdapat beberapa variabel yang bisa digunakan yakni pengeluaran rutin bulanan rumah tangga, jumlah anggota rumah tangga, sumber air minum dan sumber bahan bakar untuk masak.

    ilustrasi kelas ekonomi

    Ilustrasi Kelas Ekonomi

     

    Adapun penjelasan singkat dari variabel diatas sebagai berikut.

    A. Pengeluaran Rutin Bulanan Rumah Tangga

    Pengeluaran rutin bulanan rumah tangga adalah seberapa besar pengeluaran individu maupun rumah tangga untuk kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan yang dimaksud antara lain:

    • Makanan dan Minuman
    • Pakaian
    • Kosmetik, Toiletries, Personal Care
    • Obat-obatan
    • Transportasi
    • Listrik
    • Air
    • Bahan Bakar untuk Masak
    • Biaya Bulanan Sekolah
    • Biaya Produksi Bulanan
    • dan pengeluaran rutin lainnya

    Indikator di atas dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan riset dan lembaga riset yang melakukannya. Perlu diketahui terdapat hal yang tidak termasuk dalam indikator variabel ini yakni pengeluaran yang sifatnya dalam jumlah besar maupun tahunan seperti:

    • Pembayaran Cicilan
    • Pembelian Barang Elektronik
    • Pembelian Mobil/Motor
    • Kontrakan Tahunan
    • Modal Usaha
    • Pembelian Barang Mewah
    • Nonton Konser/Acara, Bioskop hingga Pertandingan Olahraga
    • Liburan/Jalan-jalan

    Dari variabel pengeluaran rutin bulanan rumah tangga ini, nantinya akan diperoleh skor (kuantifikasi) yang mana skor tersebut akan dihitung/dikombinasikan dengan jumlah anggota rumah tangga.

    B. Jumlah Anggota Rumah Tangga

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, skor dari pengeluaran rutin bulanan akan dikombinasikan dengan jumlah anggota rumah tangga. Untuk tingkat pengeluaran yang sama, semakin banyak anggota rumah tangga, maka skor akan semakin rendah.

    Misalkan, Keluarga A dan Keluarga B memiliki jumlah pengeluaran rumah tangga yang sama yakni Rp11.000.000,- per bulan. Namun Keluarga A terdiri dari 10 anggota keluarga, sedangkan Keluarga B hanya 5 anggota keluarga. Keluarga A memiliki skor sebesar 7 yang lebih rendah daripada Keluarga B dengan skor 8.

    Skor Pengeluaran Rutin Bulanan

    Tabel skor pengeluaran rutin bulanan dan jumlah anggota rumah tangga. Sumber: Data Olahan Indonesia Data.

     

    C. Sumber Air Minum Rumah Tangga

    Selain variabel A dan B di atas, terdapat variabel lainnya yakni sumber air minum rumah tangga. Maksudnya adalah sumber air minum yang paling sering digunakan di rumah tangga.

    Adapun skor untuk variabel ini dapat dilihat pada tabel berikut:

    Sumber Air Minum Skor
    Air minum dalam kemasan botol/galon bermerek 4
    Air minum dalam galon isi ulang 3
    Air PAM 3
    Air keran non-PAM 2
    Air sumur bor/pompa 2
    Air sumur tampung 1
    Air sumur yang tidak ditampung 1
    Mata air yang ditampung 0
    Mata air yang tidak ditampung 0
    Air sungai 0
    Air hujan 0
    Lainnya, sebutkan: _____________ 0

     

    D. Sumber Bahan Bakar Untuk Memasak

    Sumber bahan bakar untuk memasak yang dimaksud adalah sumber bahan bakar yang paling sering digunakan untuk memasak di rumah tangga. Adapun skor untuk variabel ini dapat dilihat pada tabel berikut:

    Sumber Bahan Bakar Masak Skor
    Kompor listrik 5
    Gas Elpiji – 12 Kg/ Gas 7 Kg/Gas 5 Kg 4
    Gas 3 Kg 2
    Gas kota/Alam 4
    Minyak tanah 2
    Kayu 1
    Arang 1
    Bricket 1
    Lainnya (tolong sebutkan……….) 1
    Tidak Memasak Jika Pengeluaran Rumah Tangga < 2,5 juta per bulan 2
    Jika Pengeluaran Rumah Tangga 2,5 – 5,0 juta per bulan 3
    Jika Pengeluaran Rumah Tangga > 5,0 juta per bulan 4

     

     

    Dari penjelasan 4 variabel di atas (Variabel A, Variabel B, Variabel C dan Variabel D) skor dari individu maupun rumah tangga yang diperoleh, diverifikasi dan dianalisa dengan desain riset yang telah ditetapkan. Hasil olahan dari skor ini yang menjadi tolok ukur dalam menentukan kelas atau kategori SES individu maupun rumah tangga untuk suatu wilayah.

    Setiap lembaga riset dapat menentukan sendiri variabel, metode dan indikator yang digunakan untuk menentukan kategori SES. Dalam riset kami, Indonesia Data (Talenta Data Indonesia) menggunakan metode ini untuk menentukan kategori SES. Adapun indikator yang kami gunakan adalah SES A, SES B, SES C dan SES D/E.

    Lalu, bagaimana Indonesia Data (Talenta Data Indonesia) dalam menentukan kategori SES yang ada di hasil risetnya? Kami menggunakan indikator pengeluaran rumah tangga berdasarkan responden yang menjadi sampel riset.

    Indikator Kategori SES Menurut Talenta Data Indonesia

    Indikator Kategori SES Menurut Talenta Data Indonesia.

    Dalam hasil riset kami (laporan riset maupun dataset/dahsboard excel) demografi konsumen berdasarkan SES dibagi atas SES A, SES B, SES C dan SES D/E. Kategori SES A adalah konsumen dengan tingkat pengeluaran lebih dari Rp5 juta, SES B adalah konsumen dengan tingkat pengeluaran antara Rp3 juta – Rp5 juta, SES C adalah konsumen dengan tingkat pengeluaran antara Rp1,5 juta – Rp3 juta dan SES D/E adalah konsumen dengan tingkat pengeluaran dibawah Rp1,5 juta.

     

    Analisis SES

    Sebagai perusahaan riset dengan spesialisasi di bidang riset konsumen dan riset industri, Talenta Data Indonesia mempublikasikan laporan bisnis/hasil riset yang terdapat indikator SES didalamnya. Untuk melihat dan memiliki laporan bisnis ini dapat membelinya eksklusif hanya di Indonesia Data.

    Kesempatan ini, kami akan memberikan contoh analisis SES dari data yang dipublikasikan. Berikut adalah data dari Market Share Sosis Bermerek 2020.

    Dari data diatas terlihat bahwa Market Share Sosis Bermerek pada tahun 2020 berdasarkan SES A adalah Champ dengan 32,6%, SES B adalah Champ dengan 36,8%, SES C adalah So Nice dengan 45,8% dan SES D/E adalah So Nice dengan 32,5%. Berdasarkan data ini, merek sosis Champ dominan dikonsumsi oleh masyarakat kelas SES A dan B sedangkan merek sosis So Nice dominan dikonsumsi oleh masyarakat kelas SES C dan SES D/E.


    Pembaharuan

    Profil SES Indonesia 2021 - 1

    Dapatkan Data Terbaru Mengenai Profil SES Indonesia 2021.

    Dapatkan data terbaru mengenai SES Indonesia 2021 dengan mengunjungi tautan berikut >>> Profil SES Indonesia 2021.


    Indonesia Data adalah platform digital yang menyediakan data untuk ragam kebutuhan anda. Saat ini, kami memiliki data hasil riset konsumen dan riset industri yang dapat dimiliki dan dibeli publik langsung melalui situs Indonesia Data.

    Login
    X