• Insight
  • /
  • 31/08/2023
  • Riset Konsumen SPBU 2023 | Data Story

  • Sigi Digital
  • Aug 31, 2023
  • SPBU - Image - Indonesia Data

    Riset konsumen terbaru dari Talenta Data Indonesia (Indonesia Data) mengenai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) telah dirilis. Dalam artikel ini, mari kita bahas tiga variabel, yakni:

    • Top of Mind Brand Awareness SPBU.
    • Market Penetration SPBU.
    • Market Share by Brand Share SPBU.

    A. Top of Mind Brand Awareness SPBU

    TOM brand awareness SPBU adalah merek yang paling diketahui oleh konsumen mengenai SPBU. Lihat grafik di bawah ini.

    Hasil riset kami menunjukkan lebih dari 90% masyarakat menjawab Pertamina. Merek-merek lain masih muncul meskipun di bawah 3%.

    Mengapa hal ini terjadi? Karena riset ini ditujukan kepada end users tentunya SPBU yang ada di sekitar masyarakatlah yang bakalan dijawab oleh konsumen sebagai end users. Alasan lain adalah jaringan SPBU Shell, Vivo, maupun BP tidak tersedia di banyak wilayah selain Jabodetabek.

    B. Market Penetration SPBU

    Market penetration SPBU adalah tingkat kunjungan konsumen ke SPBU. Lihat grafik di bawah ini.

    Hasil riset kami menunjukkan penetrasi SPBU mencapai 78,19%. Angka ini tergolong tinggi. Dapat dimaknai terdapat 78% konsumen yang mengunjungi SPBU dalam sebulan terakhir.

    Tentunya dengan kebutuhan yang tinggi ini, semakin banyaknya jaringan SPBU dan tersedianya pasokan bahan bakar akan membuat konsumen dapat memenuhi kebutuhan bahan bakarnya, terutama untuk kendaraan yang dimilikinya.

    C. Market Share by Brand Share SPBU

    Market share by brand share SPBU adalah pangsa pasar berdasarkan tingkat kunjungan konsumen ke SPBU. Lihat grafik di bawah ini.

    Hasil riset kami menunjukkan Pertamina menguasai pangsa sebesar 98,69%. Shell hanya 1,2% dan Vivo, Total serta BP berada di bawahnya.

    D. Penutup

    Pertamina sebagai BUMN yang mengurusi bidang bahan bakar di Indonesia memiliki merek yang sangat kuat. Distributor bahan bakar lainnya jauh ketinggalan di bawahnya. Hal demikian tidak terlepas dari regulasi yang hadir di Indonesia. Selain itu, faktor lainnya adalah hadirnya distributor bahan bakar asing di Indonesia bisa dikatakan belum terlalu lama. Perihal investasi juga merupakan faktor tambahan. Sebelum 2019, di Jakarta terdapat SPBU Petronas dan Total. Sayangnya saat ini mereka telah menutup operasinya di Indonesia.

    Lihat hasil riset konsumen dalam versi Data Story di Flourish melalui tombol di samping.

    Unduh atau beli laporan dan datanya melalui tautan produk berikut.

    Login
    X