• Blog
  • /
  • 15/12/2023
  • 21 Tahun Eksistensi Best Brand dari Merek Asli Indonesia

  • Admin ID
  • Dec 15, 2023
  • Foto Bersama Para Pemenang IBBA 2023

    Jakarta, Indonesia Data (ID) – Dalam perjalanannya tidak terasa eksistensi ajang penghargaan untuk merek-merek asli Indonesia menjadi merek terbaik (best brand) yakni Indonesia Best Brand Award (IBBA) telah memasuki tahun ke-21. Kerjasama yang sudah terjalin antara Majalah SWA dengan MARS telah menghasilkan ratusan merek (brand) asli Indonesia yang mendapatkan pengakuan sebagai best brand lewat ajang bergengsi ini.

    Dalam sambutannya saat membuka acara Malam Penganugerahan IBBA 2023 pada Rabu, 13 Desember 2023 di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kemal E. Gani, Group Chief Editor SWA Media mengatakan “Brand yang keluar sebagai pemenang IBBA 2023 ini adalah hasil survei yang diselenggarakan MARS dan Majalah SWA dan ini adalah penyelenggaraan yang ke-21 sehingga ini menjadi bukti konsistensi dan komitmen Majalah SWA untuk mendukung brand Indonesia menjadi best brand di dalam negerinya sendiri.”

    Direktur Mars Indonesia Digital, Radhi Hersemiaji Kartowisastro menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dalam penyelenggaraan riset untuk best brand ini. “Terima kasih kepada Majalah SWA yang masih mempercayai kami sebagai mitra riset hingga 21 tahun. Untuk mensurvei Indonesia Best Brand tahun ini kami melibatkan 5.000 responden baik itu personal maupun rumah tangga. Dalam survei yang kami buat melibatkan 124 kategori produk dan tahun ini ada banyak nama-nama baru di kategori baru maupun di kategori yang sebelumnya sudah ada.” ungkap Radhi.

    Malam penganugerahan IBBA 2023 dibuka dengan sharing session yang bertajuk “Navigating Multiple Challenge to Become Best Brand: Lesson Learnt From The Champion”. Tiga pemenang tampil sebagai pembicara dalam sesi ini. Mereka membagikan best practice-nya dalam menavigasi multi-tantangan untuk menjadi best brand. Mereka adalah Salman Subakat, CEO Nurhayati Subakat Entrepreunership Institute (NSEI)-Paragon Corp, kemudian Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia dan Bernando Pardamean, Head of Marketing Sari Murni Grup.

    Dalam sesinya, Salman Subakat membagikan pengalaman Paragon Techonology & Innovation menavigasi mereknya melewati masa sulit dan ramainya brand skincare pendatang baru ke dalam pasar Indonesia. “Dahulu Paragon hanya punya Wardah dan setelah 38 tahun sekarang sudah ada 16 brand. Tetapi tantangan eksternalnya pun tidak kalah sengit, sejak sekitar tahun 2010 di Indonesia ada ribuan brand baru untuk kecantikan dan perawatan kulit, tetapi kabar baiknya adalah masyarakat Indonesia kini semakin sadar dan bangga pakai brand lokal yang berkualitas, jadi saya mau semua pemilik brand lokal Indonesia untuk terus perkuat posisinya karena faktanya orang Indonesia itu cinta dengan merek lokal.”  ujarnya.

    IBBA 2023 kali ini menampilkan nama-nama brand berikut sebagai pemenangnya: Momogi, Bridgestone, Meccaya – Salep 88, Sharp, Kacang Garuda, Gery Saluut, Pilus Garuda, Mountea, Gery Chocolatos, Okky Jelly Drink, Chocolatos, Sanyo, Beras Sania, Viva, Hufagripp, Bank Syariah Indonesia, Polytron, Adira Finance, Auto2000, Tolak Angin Sido Muncul dan Garda Oto.


    Rilis media Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2023.
    

     

    Login
    X