• Insight
  • /
  • 03/08/2023
  • Riset Konsumen Asuransi Kendaraan Mobil 2023 | Data Story

  • Sigi Digital
  • Aug 03, 2023
  • Asuransi Kendaraan Mobil - Image - Indonesia Data

    Riset konsumen terbaru dari Talenta Data Indonesia (Indonesia Data) mengenai produk asuransi kendaraan mobil telah dirilis. Dalam artikel ini, mari kita bahas 3 (variabel) yang dimuat dalam hasil riset konsumen tersebut yakni: a) Top of Mind Brand Awareness Asuransi Kendaraan Mobil; b) Market Penetration Asuransi Kendaraan Mobil; dan c) Market Share by Brand Share Asuransi Kendaraan Mobil.

    A. Top of Mind Brand Awareness Asuransi Kendaraan Mobil

    Top of Mind Brand Awareness (TOM Brand Awareness) adalah pencapaian tertinggi dari kesadaran merek, di mana merek itu menjadi jawaban pertama yang diberikan konsumen saat memikirkan suatu kategori produk atau jasa.

    Dalam artian lebih sederhana, dikenal dengan merek yang paling diketahui oleh konsumen.

    Bagaimana hasil riset konsumen mengenai merek yang paling diketahui tentang asuransi kendaraan mobil? Lihat grafik berikut.

    Berdasarkan hasil riset kami, 58,65% masyarakat (rumah tangga) tidak mengetahui merek dari asuransi kendaraan mobil. Angka ini tergolong sedang untuk tingkat pengenalan merek sebuah produk oleh masyarakat. Hal demikian dapat dimanfaatkan oleh produsen (pemilik merek) untuk dapat memacu tingkat kesadaran mereknya kepada masyarakat.

    Diurutan kedua, merek Garda Oto lebih unggul dengan kompetitor lainnya. Lima teratas merek yang paling diketahui oleh masyarakat yakni:

    • Garda Oto (17,02 %);
    • Sinarmas (8,3 %);
    • Adira Autocilin (6,78 %);
    • BCA Finance (3,56 %);
    • ACA (2,83 %).

    B. Market Penetration Asuransi Kendaraan Mobil

    Market Penetration adalah upaya menjangkau lebih banyak konsumen dalam pasar yang sudah ada dengan menggunakan produk atau jasa yang sudah ada.

    Lebih sederhananya, penetrasi pasar ialah ukuran tingkat kepemilikan atau penggunaan sebuah produk oleh konsumen.

    Lihat grafik di bawah untuk mengetahui tingkat kepemilikan asuransi kendaraan mobil.

    Riset kami menunjukkan secara total tingkat penetrasi asuransi kendaraan mobil adalah 2,94%. Angka ini menunjukkan tingkat penetrasi yang masih sangat rendah. Masih sangat banyak konsumen yang memiliki mobil tapi belum mengasuransikan mobilnya yakni 97,06%. Ruang untuk menjangkaunya masih sangat besar.

    C. Market Share by Brand Share Asuransi Kendaraan Mobil

    Market Share adalah ukuran keberhasilan suatu merek dalam memenangkan persaingan dengan merek lain dalam suatu kategori produk atau jasa, diukur sebagai persentase penjualan merek tersebut dibandingkan dengan total penjualan di pasar yang sama.

    Dalam riset kami, perhitungan pangsa pasar yang digunakan adalah pendekatan konsumsi masyarakat yang mana istilah ini dikenal dengan market share by brand share.

    Bagaimana pemetaan pangsa pasar asuransi kendaraan mobil di Indonesia? Lihat grafik berikut.

    Berdasarkan tingkat penetrasinya, merek asuransi kendaraan yang menguasai pangsa pasar di Indonesia adalah Sinarmas dengan 36,09%. Disusul oleh Garda Oto dengan 30,49% dan Adira Autocilin 20,94% untuk posisi di tiga teratas.

    Bila dilihat dari data yang ada, persaingan antar kompetitor baik di peringkat atas maupun peringkat menengah-bawah, masing-masingnya cukup ketat.

    D. Penutup

    Secara keseluruhan pasar dari asuransi kendaraan mobil ini terbuka dan memiliki persaingan yang cukup ketat di antara merek-merek yang ada. Perlu diketahui bahwa hasil riset kami adalah berdasarkan tingkat konsumsi masyarakat yang mana artinya riset ini merepresentasikan bagaimana sebuah produk tersampaikan secara umum kepada konsumen (masyarakat) yang merupakan end users. 

    Lihat hasil riset konsumen dalam versi Data Story di Flourish melalui tombol di samping.

    Login
    X