Content-Strategy

Strategi Menyusun Konten Untuk Audiens

Content-Strategy
Ilustrasi. Sumber foto: Carl Heyerdahl/Unplash.

 

Konten adalah kunci agar bisnis anda dapat diketahui masyarakat dan agar pemeliharaan merek tetap terjaga. Meskipun terlihat sederhana, menyiapkan konten yang benar-benar menarik perhatian untuk masyarakat perlu teknik tersendiri. Seringnya sebuah konten yang berasal dari merek memuat strategi ajakan untuk menggunakan merek tersebut. Cara inilah yang dikenal sebagai konten pemasaran atau content marketing.

Konten pemasaran memiliki peran penting dalam bagian dari sales process, branding, dan customer relationship. Untuk menjalankan konten pemasaran pun tidak bisa terburu-buru. Perlu beberapa langkah dan memperhatikan hal-hal penting. Inilah yang dikenal sebagai strategi konten atau content strategy. Jadi, apa itu strategi konten?
Strategi konten adalah sebuah strategi yang menjadikan konten sebagai alat utama dalam mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan.

Misalnya, sasaran bisnis anda mungkin mencakup peningkatan kesadaran merek (untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan) untuk mencapai sasaran ini, anda dapat menerapkan strategi konten yang berfokus pada SEO untuk meningkatkan visibilitas situs web di SERP dan mengarahkan lalu lintas ke produk atau layanan anda.

Menurut Hubspot, terdapat enam pertanyaan yang harus dijawab sebelum menjalankan strategi konten. Pertanyaan-pertanyaan itu antara lain:

1. Siapa pembaca konten anda?

Siapa target audiens konten anda? Untuk berapa banyak audiens anda membuat konten? Sama seperti bisnis yang mungkin memiliki lebih dari satu jenis pelanggan, strategi konten dapat melayani lebih dari satu jenis pembaca atau pemirsa.

Menggunakan berbagai jenis konten dan saluran akan membantu memberikan konten yang berbeda untuk setiap jenis audiens yang anda pikirkan dan melibatkan semua orang yang berbisnis.

2. Apakah pembaca menemukan solusi terhadap apa yang dicarinya?

Idealnya, produk atau layanan haruslah memecahkan masalah dicari oleh audiens. Dengan cara yang sama, konten melatih dan mendidik audiens melalui masalah yang mereka cari untuk diidentifikasi dan solusi akan apa yang dicarinya.

Strategi konten yang baik mendukung orang-orang di kedua sisi produk anda: a) mereka yang masih mencari tahu apa tantangan utama mereka; dan b) mereka yang sudah menggunakan produk anda untuk mengatasi tantangan ini. Konten anda memperkuat solusi yang ditawarkan dan membuat pelanggan menjadi pengguna produk yang lebih berkualitas.

3. Apa yang membuat konten unik dan berbeda?

Sangat besar kemungkinan para pesaing bisnis kita memiliki produk yang serupa, yang berarti calon pelanggan perlu tahu bahwa produk yang kita miliki lebih baik atau bahkan satu-satunya yang ada. Hal ini yang perlu ditonjolkan untuk dibuat konten.

Untuk membuktikan mengapa produk layak dibeli, maka perlu dibuktikan bahwa produk itu memiliki keunikan dan dimuat dalam sebuah konten ulasan yang menarik.

4. Format konten apa yang ingin dibuat?

Dalam bentuk apa konten yang dibuat? Apakah infografis atau sebuah video? Jika sudah didapat topik apa yang dibahas, segera tentukan dalam format apa konten itu dibuat sehingga kamu bisa fokus dan bebas berekspresi untuk membuatnya dengan baik.

5. Dimana konten itu akan dipublikasikan?

Selain menentukan format konten, menentukan tempat/saluran untuk mempublikasikan konten juga harus diperhatikan. Terkadang dengan kombinasi format konten dan saluran publikasi konten yang tidak pas akan membuat target audiens kurang tepat sasaran.

6. Bagaimana mengelola dan memelihara konten tersebut?

Mencari tahu bagaimana anda akan membuat dan mempublikasikan semua konten bisa menjadi tugas yang menakutkan. Penting bagi pembuat strategi konten untuk mengetahui siapa yang membuat apa, di mana itu dipublikasikan, dan kapan itu akan ditayangkan.

 

Sekian ulasan tentang Strategi Menyusun Konten Untuk Audiens. Langkah mendasar yang harus kita pahami adalah kita harus mengetahui kepada siapa konten itu ditujukan. Dengan menjawab pertanyaan di atas, anda sudah memiliki modal yang kuat sebagai pembuat strategi konten.

Post a Comment

Kategori Artikel

promo voucher belanja hingga akhir tahun 2021
Dapatkan Voucher Belanja Hingga Akhir Tahun 2021 by in Blog

Ilustrasi Promo Belanja / Canva Pro License Hai, Soba ...

23 Jul, 2021 5  Person Liked it

Variabel dan analisis SES
Variabel dan Analisis SES by in Blog

Pada artikel sebelumnya, kita telah mengetahui pengertian da ...

23 Jul, 2021 5  Person Liked it

Data Covid-19 Indonesia
Data Covid-19 Indonesia (Monthly Update) by in Infografis Data

INFOGRAFIS - Pandemi Covid-19 di Indonesia telah berlangsung ...

18 Jul, 2021 6  Person Liked it

WA Sekarang!
1
Butuh bantuan?
Halo, Ada yang bisa kami bantu untuk halaman Strategi Menyusun Konten Untuk Audiens?