• Insight
  • /
  • 16/01/2024
  • Variabel Utama Dalam Riset Performa Merek

  • Admin ID
  • Jan 16, 2024
  • Variabel Utama Dalam Riset Performa Merek - Indonesia Data

    Riset pasar memiliki banyak percabangan. Salah satu cabang kajiannya adalah riset konsumen. Dalam riset konsumen pun, ada cukup banyak ruang lingkupnya, seperti Brand Equity, Brand Health Tracking, Brand Loyalty, Brand Testing, dan Brand Performance. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai Brand Performance atau Riset Performa Merek.

     

    Riset Performa Merek

    Riset performa merek adalah upaya penelitian/riset untuk menyelidiki dan mengetahui bagaimana kemampuan suatu merek bersaing di pasaran dalam kategorisasi produk atau jasa yang merek tersebut ikuti. Dengan kita mampu mengukur performa merek, kita akan mendapatkan gambaran persaingan merek, kompetitor yang memiliki pangsa pasar dominan, analisis dari sektor mikro ekonomi seperti demografi konsumen berdasarkan tingkat pengeluaran (analysis by SES), dan upaya strategi apa yang cocok untuk merek (brand) dalam merebut pasar.

    Dalam sebuah riset/penelitian, tentu kita tidak akan lepas dari kaidah dan prosedur penelitian (dalam hal ini bagian dari social science) yang mana seiring berjalannya waktu perkembangan akan terus ada. Seperti halnya perkembangan big data dan Internet of Things (IoT) yang mana menambah khazanah dalam metode dan cara kerja riset khususnya dalam hal bisnis dan privat sektor, termasuk riset pasar.

     

    Ilustrasi Dashboard Analytic

    Ilustrasi Dashboard Analytic.

     

    Variabel Riset Performa Merek

    Riset performa merek tidak hadir begitu saja, terdapat variabel yang membangunnya. Variabel dalam riset performa merek ini yang menjadi indikator dalam pengukuran performa merek-merek di pasaran.

    Indonesia Data (Mars Digital) di awal tahun 2024, akan menyediakan data hasil riset konsumen yakni riset performa merek dengan variabel yang lebih luas. Apabila sebelumnya kami hanya menyediakan tiga variabel seperti brand awareness, market penetration, dan market share, maka di 2024 ini kami akan menambah dua variabel, yakni ads awareness, dan best brand perception.

    Bagaimana penjelasan dari masing-masing variabel di atas? Berikut kami sajikan penjelasan ringkas dari variabel riset yang membangun riset performa merek.

    1. Brand Awareness

    Dalam riset konsumen yang kami lakukan, brand awareness yang dimaksud dan jadikan sebagai variabel riset adalah Top of Mind Brand Awareness (ToM Brand). Apa itu top of mind brand awareness? ToM Brand adalah pencapaian tertinggi dari kesadaran merek, dimana merek itu menjadi jawaban pertama yang diberikan konsumen saat memikirkan suatu kategori produk atau jasa.

    2. Best Brand Perception

    Best brand perception atau persepsi merek terbaik adalah penilaian dari konsumen terhadap merek terbaik suatu kategori produk atau jasa. Persepsi merek terbaik ini diukur dari penilaian konsumen dari apa yang telah diketahui, dirasakan, digunakan, dan diuji cobakan sehingga konsumen mampu menilai suatu merek menjadi merek terbaik dari sudut pandangnya.

    3. Ads Awareness

    Dalam riset konsumen yang kami lakukan, ads awareness yang dimaksud dan dijadikan sebagai variabel riset adalah Top of Mind Ads Awareness (ToM Ads). Apa itu top of mind ads awareness? ToM Ads adalah iklan dari merek yang menjadi jawaban pertama oleh konsumen ketika ditanya iklan dari suatu kategori produk atau jasa yang diketahui.

    4. Market Penetration

    Market penetration atau penetrasi pasar adalah ukuran jumlah konsumen yang telah menggunakan atau membeli suatu produk atau jasa dibandingkan dengan total konsumen potensial dalam suatu pasar. Dengan mengetahui penetrasi pasar, kita akan mampu menyusun strategi untuk meningkatkan pangsa pasar dengan menjual lebih banyak produk atau jasa yang ada kepada pelanggan eksis atau mencari pelanggan baru.

    5. Market Share

    Dalam riset konsumen yang kami lakukan, market share yang dimaksud dan dijadikan sebagai variabel riset adalah market share by brand share. Apa itu market share by brand share? Brand share adalah ukuran penetrasi yang paling sering digunakan dari suatu merek terhadap merek-merek lain secara total di pasar yang sama. Ini adalah ukuran keberhasilan suatu merek dalam bersaing dengan merek lain di kategori produk atau jasa yang sama.

     

    Demikian penjelasan singkat dari variabel riset performa merek atau yang dikenal sebagai brand performance. Lima variabel di atas yang kami nilai sebagai variabel utama dalam mengukur performa merek.

    Dapatkan data terbaru dari hasil riset performa merek hanya di Indonesia Data.

    Login
    X