Kehandalan Data Hasil Riset Pemasaran

Jaminan Kehandalan Data Hasil Riset Pemasaran

Dalam melakukan penelitian, baik itu penelitian saintis maupun penelitian ekonomi seperti pemasaran dan perilaku belanja konsumen, rancangan metode penelitian merupakan hal yang sakral. Karena dari metode penelitian yang digunakan akan menunjukkan bahwa hasil riset tersebut mampu diandalkan dan dapat dipercaya.

Ilustrasi Grafik Data Riset Pemasaran
Ilustrasi Grafik Data Riset Pemasaran

Hasil riset pemasaran dibutuhkan oleh beragam pihak sebagai sumber data mulai dari mahasiswa, analis pasar, investor, hingga stakeholders bisnis beragam industri agar mampu menghasilkan keputusan bisnis yang akurat. Semisal kepada pelaku UMKM Kedai Kopi dapat memanfaatkan hasil riset perilaku konsumen kopi Indonesia agar memiliki gambaran pengembangan bisnis ke depan.

Bagaimana Menjamin Kehandalan Data Hasil Riset Pemasaran?

Kita dapat menyakini dan mempercayai suatu data apabila data tersebut diperoleh dengan mengikuti standar prosedur ilmiah. Baik dari metodologi yang digunakan, cara memperoleh data, uji validitas dan realibilitas data, metode analisis data, visualisasi data, hingga kepada interpretasi data.

Hal yang mendasar adalah tentang validitas dan realibilitas data. Apa yang dimaksud dengan validitas? Validitas dalam penelitian menyatakan derajat ketepatan alat ukur penelitian terhadap isi sebenarnya yang diukur. Suatu kuesioner dikatakan valid jika pertanyaan pada kuesioner mampu untuk mengungkapkan sesuatu yang akan diukur oleh kuesioner tersebut.

Sedangkan yang dimaksud dengan realibilitas adalah konsistensi dari serangkaian pengukuran. Artinya, apabila pengukuran dari suatu tes dilakukan berulang-ulang terhadap subjek dan dalam kondisi yang sama, menunjukkan hasil yang konsisten maka tes tersebut dapat dipercaya/diandalkan. Berbeda halnya dengan apabila pengukuran yang berulang itu memberikan hasil yang berbeda-beda maka tes tersebut dapat diragukan atau tidak bisa diandalkan.

Bagaimana dengan Data yang Tersedia di Indonesia Data? Apakah Valid dan Reliabel?

Indonesia Data adalah platform digital yang menyediakan data untuk beragam kebutuhan anda. Indonesia Data menyajikan ribuan data berupa data industri dan data perilaku konsumen yang dapat diakses oleh publik dan bisa langsung digunakan. Data tersebut merupakan hasil riset mandiri dan independen dilakukan oleh PT Talenta Data Indonesia yang telah memiliki pengalaman di bidang riset industri dan riset pemasaran lebih dari satu dekade. Dengan kredibilitas dari para peneliti, sajian data yang tersedia sudah sesuai dengan standar ilmiah sehingga menghasilkan data primer, data valid, dan data reliabel.

Profil Konsumen Indonesia 2021

Pada Juni 2021, Talenta Data Indonesia kembali menerbitkan hasil riset yang dipublikasikan dalam bentuk buku berjudul Profil Konsumen Indonesia 2021. Data di buku ini disajikan menggunakan grafik dan tabel tanpa penambahan deskripsi. Namun demikian masyarakat dapat dengan mudah membaca dan memahami data pada setiap grafik dan tabel.

Penyusunan buku ini dilakukan dengan menggunakan dua research design, yakni exploratory research melalui desk research; dan quantitative research.

    1. Desk research dilakukan bertujuan untuk mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan kependudukan seperti populasi penduduk, piramida penduduk, profil kepemilikan rumah, hingga profil kesehatan, pekerjaan, pendapatan, dan sebagainya. Sumber data berasal dari lembaga yang memiliki kredibilitas tinggi, seperti Badan Pusat Statistik (BPS), dan sebagainya. Kami kemudian sedikit mengolah data tersebut akan dapat disajikan secara lebih ringan bagi masyarakat.
    2. Sementara metode quantitative research dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengetahui tentang profil dan perilaku konsumen terhadap suatu produk/merek, yang meliputi awareness terhadap merek, penetrasi produk, merek yang dimiliki, merek yang akan dibeli, dan sebagainya. Riset kuantitatif ini bertujuan untuk memperoleh data primer melalui wawancara tatap muka kepada responden menggunakan kuesioner terstruktur.

Metode yang kami gunakan dalam pengambilan sampel adalah multistage random sampling, yakni pengambilan sampel secara acak dan bertahap. Tahapan tersebut dilakukan berdasarkan pembagian wilayah administrasi pemerintahan, yakni dimulai dari kecamatan, kelurahan, rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT).

Jumlah sampel total adalah 2000 responden dengan rentang usia 15-55 tahun dan semua kelas Socio-Economic Status (SES) yang tersebar di 5 kota besar Indonesia seperti Jakarta (600), Bandung (400), Surabaya (400), Semarang (300), dan Medan (300).

Riset dilakukan pada periode Agustus – September 2020. Margin of error pada riset ini hanya 2,2% sehingga data yang ditampilkan valid dan reliable. Data dianalisis berdasarkan kota, kelompok usia, jenis kelamin, dan Socio-Economic Status (SES).

Profil Konsumen Indonesia 2021

Tersedia data perbandingan sebelum pandemi Covid-19 (2019) dan saat pandemi Covid-19 (2020)

Sampel BukuBuku Digital (Lengkap)

Post a Comment

Kategori Artikel

Kehandalan Data Hasil Riset Pemasaran
Jaminan Kehandalan Data Hasil Riset Pemasaran by in Data Research

Dalam melakukan penelitian, baik itu penelitian saintis maup ...

09 Jun, 2021 2  Person Liked it

Image Feature Coffee Shop
Bisakah Data Meningkatkan Omzet dan Value Bisnis UMKM Kedai Kopi? by in Blog

Pertanyaan di atas cukup tricky, tapi apakah bisa? Kuncinya ...

03 Jun, 2021 2  Person Liked it

Beranda Indonesia Data
Panduan Membeli Data di Indonesia Data by in Blog

Tahukah kamu saat ini sudah ada penyedia layanan untuk sumbe ...

15 May, 2021 4  Person Liked it

WA Sekarang!
1
Butuh bantuan?
Halo, Ada yang bisa kami bantu untuk halaman Jaminan Kehandalan Data Hasil Riset Pemasaran?