• Insight
  • /
  • 04/09/2023
  • Riset Konsumen Sepeda Dewasa 2023 | Data Story

  • Sigi Digital
  • Sep 04, 2023
  • Riset Konsumen Sepeda Dewasa 2023 - Indonesia Data

    Riset konsumen terbaru dari Talenta Data Indonesia (Indonesia Data) mengenai sepeda dewasa telah dirilis. Dalam artikel ini, mari kita bahas 3 variabel, yakni:

    • Top of Mind Brand Awareness Sepeda Dewasa.
    • Market Penetration Sepeda Dewasa.
    • Market Share by Brand Share Sepeda Dewasa.

    A. TOM Brand Awareness Sepeda Dewasa

    TOM brand awareness atau kesadaran merek yang paling diketahui oleh masyarakat mengenai sepeda dewasa menghadirkan jawaban yang cukup variatif. Terdapat lebih dari sepuluh merek yang hadir.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Hasil riset kami menunjukkan merek Polygon merupakan merek sepeda yang paling diketahui dengan 28,11%. Tepat di bawahnya, sekitar 23,31% masyarakat tidak tahu mengenai merek sepeda. Hal demikian menandakan Polygon memiliki kekuatan merek yang bagus karena lebih banyak yang tahu merek Polygon daripada yang tidak.

    Berikut lima merek teratas untuk merek sepeda yang paling diketahui.

    1. Polygon (28,11%);
    2. Wim Cycle (20,35%);
    3. BMX (12,86%);
    4. Federal (6,3%);
    5. Phoenix (3,58%).

    B. Market Penetration Sepeda Dewasa

    Hasil riset kami mengenai penetrasi untuk sepeda dewasa menunjukkan 11,41% responden memilikinya. Angka ini masih tergolong rendah.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Melihat kebutuhan akan sepeda yang masih tergolong rendah. Perlu ada upaya untuk mendorong peningkatannya seperti kampanye yang terarah.

    Ketika masa pandemi lalu, penggunaan dan penjualan sepeda meningkat drastis. Seiring berakhirnya masa pandemi, secara perlahan penggunaan sepeda tidak sebanyak di masa sebelumnya.

    C. Market Share by Brand Share Sepeda Dewasa

    Hasil riset kami mengenai pangsa pasar berdasarkan penetrasi untuk sepeda dewasa memiliki hasil yang tidak jauh berbeda dengan TOM BA.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Berikut tujuh merek teratas untuk pangsa pasar sepeda dewasa.

    1. Polygon (37,86%).
    2. Wim Cycle (33,31%).
    3. Phoenix (7,86%).
    4. Federal (5,33%).
    5. BMX (4,95%).
    6. United (4,71%).
    7. Pacific (4,65%).

    D. Penutup

    Bila dilihat dari hasil riset konsumen di atas, secara umum kebutuhan akan sepeda itu masih ada meskipun tidak terlalu banyak. Dengan tingkat kebutuhan yang seperti itu, persaingan pasar untuk dapat dikatakan kompetitif.

    Dilihat dari pangsa pasarnya, meskipun terdapat dua merek teratas yang unggul, merek lain memiliki gap yang sangat dekat. Ini peluang yang masih besar untuk dapat dimanfaatkan oleh produsen sepeda.

    Lihat hasil riset konsumen dalam versi Data Story di Flourish melalui tombol di samping.

    Login
    X