• Insight
  • /
  • 28/08/2023
  • Riset Konsumen Sepatu Casual 2023 | Data Story

  • Sigi Digital
  • Aug 28, 2023
  • Riset Konsumen Sepatu Casual 2023 - Indonesia Data

    Riset konsumen terbaru dari Talenta Data Indonesia (Indonesia Data) mengenai sepatu casual telah dirilis. Dalam artikel ini, mari kita bahas 3 variabel, yakni:

    • Top of Mind Brand Awareness Sepatu Casual.
    • Market Penetration Sepatu Casual.
    • Market Share by Brand Share Sepatu Casual.

    A. Top of Mind Brand Awareness Sepatu Casual

    Top of mind brand awareness sepatu casual atau merek yang paling diketahui oleh konsumen mengenai sepatu casual memunculkan banyak merek, baik merek dalam negeri maupun merek luar negeri. Ada 31 merek yang muncul dibenak konsumen.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Hasil riset kami menunjukkan hanya 12,9% masyarakat yang tidak tahu merek sepatu casual. Angka tersebut tergolong kecil.

    Berikut lima teratas dari merek sepatu casual yang paling diketahui.

    1. Bata dengan 18,02%;
    2. Converse dengan 17%;
    3. Nike dengan 12,76%;
    4. Carvil dengan 10,89%;
    5. Fladeo dengan 7,53%.

    B. Market Penetration Sepatu Casual

    Market penetration sepatu casual atau tingkat penggunaan sepatu casual oleh konsumen (individu) tergolong sedang.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Hasil riset kami menunjukkan 40,92% konsumen menggunakan sepatu casual dalam sebulan terakhir. Nilai yang sedang ini menunjukkan kebutuhan akan sepatu casual ada dan banyak.

    C. Market Share by Brand Share Sepatu Casual

    Market share by brand share sepatu casual atau pangsa pasar berdasarkan penetrasi sepatu casual memiliki hasil yang menarik. Terdapat persaingan yang cukup kompetitif di antara merek-merek yang ada.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Hasil riset kami menunjukkan merek Converse memiliki pangsa pasar terbesar di antara yang lain yakni 23,64%. Sedangkan diurutan kedua dan ketiga ada merek Bata dan Nike. Bila dilihat grafiknya, gap antar merek tidak terlalu jauh.

    Berikut sepuluh teratas untuk pangsa pasar sepatu casual berdasarkan tingkat penetrasi.

    1. Converse (23,64%).
    2. Bata (16,44%).
    3. Nike (11,17%).
    4. Ardiles (9,54%).
    5. Carvil (9,38%).
    6. Nevada (8,9%).
    7. Fladeo (8,57%).
    8. Yongki Komaladi (3,64%).
    9. Vans (3,08%).
    10. Adidas (3%).

    D. Penutup

    Dari pemaparan hasil riset di atas, terlihat pasar dari sepatu casual di Indonesia ini menarik. Dilihat dari kesadaran merek di mana gap antar merek cukup ketat. Ini mengindikasi merek-merek tersebut cukup baik dalam hal branding dan banyak dari mereka juga merek yang telah lama ada.

    Dilihat dari tingkat kebutuhannya juga ada dan banyak. Ini dapat mendorong industri lokal dari skala kecil hingga menengah untuk ikut ambil andil. Secara umum hal ini sudah terlihat dalam lima tahun terakhir.

    Lihat hasil riset konsumen dalam versi Data Story di Flourish melalui tombol di samping.

    Login
    X