• Insight
  • /
  • 17/08/2023
  • Riset Konsumen Penyedap Rasa 2023 | Data Story

  • Sigi Digital
  • Aug 17, 2023
  • Penyedap Rasa - Image - Indonesia Data

    Riset konsumen terbaru dari Talenta Data Indonesia (Indonesia Data) mengenai produk penyedap rasa telah dirilis. Dalam artikel ini, mari kita bahas tiga variabel, yakni:

    • Top of Mind Brand Awareness Penyedap Rasa.
    • Market Penetration Penyedap Rasa.
    • Market Share by Brand Share Penyedap Rasa.

    A. Top of Mind Brand Awareness Penyedap Rasa

    TOM brand awareness penyedap rasa atau merek yang paling diketahui oleh masyarakat mengenai produk penyedap rasa memiliki dua merek teratas yang dominan.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Dua merek yang teratas untuk merek yang paling diketahui adalah Royco dan Masako. Dua merek ini cukup jauh meninggalkan kompetitor dalam hal pengenalan/kesadaran merek. Hasil riset kami menunjukkan terdapat sembilan merek yang muncul dibenak masyarakat. Berikut lima teratas untuk merek yang paling diketahui tentang penyedap rasa:

    1. Royco dengan 51,8%.
    2. Masako dengan 30,55%.
    3. Sasa dengan 10,61%.
    4. Ajinomoto dengan 4,18%.
    5. Indofood dengan 0,82%.

    B. Market Penetration Penyedap Rasa

    Market penetration penyedap rasa atau tingkat konsumsi konsumen (rumah tangga) terhadap produk penyedap rasa tergolong sangat tinggi.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Hasil riset kami menunjukkan terdapat 91,7% konsumen rumah tangga mengonsumsi/menggunakan penyedap rasa.

    Dengan mengetahui penetrasi pasar yang memiliki angka yang sangat tinggi ini, dapat mendorong persaingan yang kompetitif dalam hal pemenuhan kebutuhan akan penyedap rasa. Sehingga nantinya konsumen akan memiliki banyak pilihan merek maupun variasi dalam memilih produk tersebut.

    C. Market Share by Brand Share Penyedap Rasa

    Market share by brand share penyedap rasa atau pangsa pasar berdasarkan penetrasi untuk produk penyedap rasa memiliki hasil yang linier dengan TOM BA.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Dua merek teratas sangat mendominasi yakni menguasai hingga 80% lebih untuk pangsa pasar penyedap rasa.

    Memiliki tingkat pengenalan merek yang sudah sangat kuat ditambah tingkat penetrasi yang sangat tinggi, kita dapat menilai pangsa pasar dari penyedap rasa ini sudah menemukan titik konsistensinya. Merek-merek yang hadir sudah memiliki pangsanya (shares) sendiri.

    Meskipun demikian, merek-merek baru tetap memiliki potensi untuk masuk ke pasar ini. Dengan jalur distribusi yang tepat dan kualitas produk yang baik yang dapat dapat diterima oleh konsumen, bukan tidak mungkin akan hadir produsen baru untuk produk tersebut.

    D. Penutup

    Lihat hasil riset konsumen dalam versi Data Story di Flourish melalui tombol di samping.

    Unduh atau beli laporan dan datanya melalui tautan produk berikut.

    Login
    X