• Insight
  • /
  • 10/08/2023
  • Riset Konsumen Multivitamin Penambah Darah 2023 | Data Story

  • Sigi Digital
  • Aug 10, 2023
  • Multivitamin Penambah Darah - Image - Indonesia Data

    Riset konsumen terbaru dari Talenta Data Indonesia (Indonesia Data) mengenai produk multivitamin penambah darah telah dirilis. Dalam artikel ini, mari kita bahas tiga variabel, yakni:

    • Top of Mind Brand Awareness Multivitamin Penambah Darah.
    • Market Penetration Multivitamin Penambah Darah.
    • Market Share by Brand Share Multivitamin Penambah Darah.

    A. Top of Mind Brand Awareness Multivitamin Penambah Darah

    TOM brand awareness multivitamin penambah darah atau merek yang paling diketahui oleh masyarakat mengenai produk multivitamin penambah darah menunjukkan hasil yang menarik.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Merek Sangobion memiliki nilai tingkat pengetahuan/kesadaran merek yang sangat tinggi dibandingkan merek kompetitor yang lain. Bahkan di posisi kedua, masyarakat lebih banyak tidak mengetahui merek mengenai produk multivitamin penambah darah.

    Apa yang membuat merek tersebut mampu mengungguli jauh kompetitor? Salah satu faktor adalah strategi iklan yang lama dan jalur media yang efektif.

    Bila dilihat dari hasil riset kami, berikut disajikan lima merek teratas untuk TOM brand awareness:

    1. Sangobion, 65,44%.
    2. Sakatonik Liver, 8,17%.
    3. Tonikum Bayer, 4,74%.
    4. Durol, 1,48%.
    5. Viliron, 1,38%.

    B. Market Penetration Multivitamin Penambah Darah

    Market penetration multivitamin penambah darah atau tingkat konsumsi konsumen terhadap multivitamin penambah darah tergolong rendah.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Hasil riset kami menunjukkan bahwa tingkat penetrasi untuk multivitamin penambah darah adalah 10,5%. Hal ini dapat diartikan terdapat 10,5% konsumen (individu) yang mengonsumsi multivitamin penambah darah dalam tiga bulan terakhir.

    C. Market Share by Brand Share Multivitamin Penambah Darah

    Market share by brand share multivitamin penambah darah atau pangsa pasar berdasarkan tingkat penetrasi multivitamin penambah darah menunjukkan hasil yang menarik. Merek teratas memiliki shares yang sangat dominan dan unggul jauh.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Hasil riset kami menunjukkan Sangobion memiliki 86,59% sedangkan kompetitornya masing-masing di bawah 5%. Berikut daftar pangsa pasar multivitamin penambah darah berdasarkan total.

    1. Sangobion, 86,59%.
    2. Sakatonik Liver, 4,04%.
    3. Tonikum Bayer, 3,59%.
    4. Viliron, 3,47%.
    5. Hufabion, 1,96%.
    6. Ramabion, 0,33%.

    D. Penutup

    Dapat unggulnya sebuah merek untuk kesadaran merek dan pangsa pasar, tidak terlapas dari strategi pemasaran yang diimplementasikan. Salah satunya kampanye iklan yang berdurasi lama dengan memilih media yang efektif. Selain itu, dorongan dari jalur distribusi yang merata juga mempengaruhinya.

    Meskipun demikian, sebuah merek yang telah kuat dan unggul bukan berarti tidak dapat disaingi. Strategi pemasaran yang tepat guna dan kesabaran dalam implementasinya dapat mendorong merek sebagai pesaing yang handal.

    Lihat hasil riset konsumen dalam versi Data Story di Flourish melalui tombol di samping.

    Login
    X