• Infografis Data
  • /
  • Tipe dan Perilaku Konsumen Properti Indonesia

  • Admin ID
  • May 19, 2022
  • Tipe dan Perilaku Konsumen Properti Indonesia - Featured

    Berdasarkan klasifikasi, terdapat tiga tipe konsumen properti. Apa saja tipe konsumen properti itu? Bagaimana perilaku dari masing-masing tipe konsumen properti dalam membeli properti? Ketahui dalam infografis singkat berikut.

    Infografis

    Infografis - Tipe dan Perilaku Konsumen Properti Indonesia

    Infografis Tipe dan Perilaku Konsumen Properti Indonesia.

    Tiga tipe konsumen properti yakni:

    1.  Potential Buyer
      • Orang yang mempunyai dana dan mampu membeli rumah/properti tapi belum ada keinginan untuk membelinya.
    2.  Seeker
      • Orang yang memiliki dana dan mampu untuk membeli rumah/properti serta memiliki keinginan kuat untuk membelinya.
    3.  Investor
      • Orang yang sudah memiliki rumah/properti tapi masih beli properti lain untuk tujuan investasi, bukan ditempati.

    Berdasarkan hasil riset Talenta Data Indonesia dalam Studi Profil dan Konsumen Properti Indonesia 2022, distribusi dari tipe konsumen yakni 61,8% adalah konsumen potential buyer, 32,9% adalah seeker dan 5,3% adalah investor.

    Meskipun dalam komposisinya terlihat bahwa tipe konsumen paling dominan adalah potential buyer, akan tetapi dengan angka 32,9% tipe seeker memiliki makna bahwa cukup banyak orang yang saat ini sedang mencari properti untuk ditempati/dihuni.

    Riset ini dilakukan kepada 1.086 responden kelompok rumah tangga yang dapat menjadi representasi tipe konsumen properti kota besar Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan Makassar dan Banjarmasin.

    Metodologi

    • Metode Penelitian
      • Riset Kuantitatif
    • Waktu Pengambilan Data
      • Agustus s.d. September 2021
    • Teknik Pengambilan Data
      • Wawancara tatap muka dengan kuesioner terstruktur
    • Jumlah Sampel
      • 1.100 Responden (Kelompok Rumah Tangga)
    • Distribusi Sampel Berdasarkan Kota
      • Jakarta (221 responden)
      • Bandung (197 responden)
      • Semarang (127 responden)
      • Surabaya (139 responden)
      • Medan (117 responden)
      • Makassar (148 responden)
      • Banjarmasin (137 responden)
    • Teknik Analisis Data
      • Analisis Deskriptif
    • Sumber
      • Studi Profil dan Konsumen Properti Indonesia 2022
    Login
    X