Berdasarkan klasifikasi, terdapat tiga tipe konsumen properti. Apa saja tipe konsumen properti itu? Bagaimana perilaku dari masing-masing tipe konsumen properti dalam membeli properti? Ketahui dalam infografis singkat berikut.
Infografis Tipe dan Perilaku Konsumen Properti Indonesia.
Tiga tipe konsumen properti yakni:
Berdasarkan hasil riset Talenta Data Indonesia dalam Studi Profil dan Konsumen Properti Indonesia 2022, distribusi dari tipe konsumen yakni 61,8% adalah konsumen potential buyer, 32,9% adalah seeker dan 5,3% adalah investor.
Meskipun dalam komposisinya terlihat bahwa tipe konsumen paling dominan adalah potential buyer, akan tetapi dengan angka 32,9% tipe seeker memiliki makna bahwa cukup banyak orang yang saat ini sedang mencari properti untuk ditempati/dihuni.
Riset ini dilakukan kepada 1.086 responden kelompok rumah tangga yang dapat menjadi representasi tipe konsumen properti kota besar Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan Makassar dan Banjarmasin.