• Blog
  • /
  • 03/08/2022
  • Riset Pasar Makanan Ringan

  • Admin ID
  • Aug 03, 2022
  • Riset Pasar Makanan Ringan - Indonesia Data

    Riset pasar makanan ringan dapat membantu anda untuk mengetahui market share, brand performance, brand positioning, brand loyalty and satisfaction dari produk makanan ringan (snack) yang beredar di masyarakat. Ada beberapa cara untuk melakukan riset pasar diantaranya pendekatan media sosial, pendekatan industri dan pendekatan riset konsumen.

    Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan ringkas dari riset pasar makanan ringan dengan pendekatan riset konsumen. Talenta Data Indonesia (Indonesia Data) sebagai perusahaan riset pasar dengan spesialisasi di bidang riset konsumen dan riset industri memiliki publikasi terkait hasil riset konsumen kinerja pemasaran makanan dan minuman 2020 dimana salah satu bab bahasan mengenai produk makanan ringan.

     

    Manfaat Data Riset Konsumen Makanan Ringan

     

    Seberapa penting hasil riset konsumen makanan ringan? Bagaimana cara memanfaatkan data hasil riset tersebut?

    Dua pertanyaan di atas adalah pertanyaan umum oleh mereka yang sedang mencari data maupun yang telah memiliki data. Hal tersebut dapat dijawab melalui sudut pandang dari siapa yang memanfaatkan data tersebut. Bila dia mahasiswa, maka data tersebut dapat menjadi rujukan tugas atau karya ilmiah sebagai data pendukung. Bila dia seorang profesional yang bekerja untuk merek (brand), maka data tersebut dapat menjadi landasan empiris dalam memberikan masukan bisnis untuk merek tersebut. Bahkan di level eksekutif, hasil riset menjadi salah satu pertimbangan kebijakan strategis dalam pengembangan.

     

    ilustrasi makanan ringan

    Ilustrasi Makanan Ringan

     

    Dalam konteks riset konsumen makanan ringan, data ini bisa sangat membantu pemegang merek melihat market share, brand performance, brand positioning, brand loyalty and satisfaction, top of mind awareness brand and ads dan potensi pembelian.

     

    Riset Desain dan Metodologi

     

    Sebagai perusahaan riset pasar, kami dalam melakukan riset dan publikasi hasil riset berkomitmen mengikuti prosedur ilmiah sehingga data yang dihasilkan adalah valid dan dapat diandalkan. Detail dari riset desain dan metodologi dalam riset pasar makanan ringan sebagai berikut.

    • Sumber buku: Studi Pemasaran Produk Makanan dan Minuman 2020
    • Bab bahasan: Bab 3 – Profil Pasar & Kinerja Pemasaran Produk Makanan Ringan/Snack
    • Metode penelitian: Riset kuantitatif
    • Metode pengambilan sampel: Multistage random sampling
    • Metode pengambilan data: Wawancara tatap muka dengan kuesioner terstruktur
    • Jumlah sampel: Total 2.634 responden yang tersebar di 7 kota besar Indonesia yakni Jakarta (619), Bandung (406), Semarang (302), Surabaya (402), Medan (307), Makassar (300) dan Banjarmasin (298)
    • Waktu pengambilan data: Juli s.d September 2019
    • Publikasi: 2020 (Tahun publikasi pertama hasil riset)

     

    Data Hasil Riset Konsumen Makanan Ringan

     

    Di Indonesia Data, tersedia data hasil riset konsumen makanan ringan yang dapat dibeli oleh publik secara retail dalam format Excel berupa dataset dan dashboard. Adapun daftar lengkap datanya sebagai berikut.

    1. Penetrasi Makanan Ringan Sebulan Terakhir 2020 | MM2020-III-1 | Rp99.000,-
    2. Profil Konsumen Makanan Ringan 2020 | MM2020-III-2 | Rp99.000,-
    3. Perbandingan Profil Konsumen Makanan Ringan Antar Merek 2020 | MM2020-III-3 | Rp99.000,-
    4. Makanan Ringan yang Pernah Dikonsumsi 2020 | MM2020-III-4 | Rp99.000,-
    5. Market Share Makanan Ringan 2020 | MM2020-III-5 | Rp99.000,-
    6. Makanan Ringan yang Paling Sering Dikonsumsi Sebelumnya 2020 | MM2020-III-6 | Rp99.000,-
    7. Makanan Ringan Terakhir Kali Dikonsumsi 2020 | MM2020-III-7 | Rp99.000,-
    8. Awareness Merek Makanan Ringan 2020 | MM2020-III-8 | Rp99.000,-
    9. Awareness Iklan Makanan Ringan 2020 | MM2020-III-9 | Rp99.000,-
    10. Persepsi Merek Makanan Ringan Terbaik 2020 | MM2020-III-10 | Rp99.000,-
    11. Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Makanan Ringan 2020 | MM2020-III-11 | Rp99.000,-
    12. Kesediaan Merekomendasikan Merek Makanan Ringan 2020 | MM2020-III-12 | Rp99.000,-
    13. Rencana Membeli Makanan Ringan Sebulan Kedepan 2020 | MM2020-III-13 | Rp99.000,-
    14. Makanan Ringan yang Akan Dibeli Sebulan Kedepan 2020 | MM2020-III-14 | Rp99.000,-

    Artikel terkait:

    Login
    X