• Insight
  • /
  • 07/08/2023
  • Riset Konsumen Tiner 2023 | Data Story

  • Sigi Digital
  • Aug 07, 2023
  • Riset Konsumen Tiner 2023

    Riset konsumen terbaru dari Talenta Data Indonesia (Indonesia Data) mengenai produk tiner (thinner) pengencer cat telah dirilis. Dalam artikel ini, mari kita bahas 3 variabel, yakni:

    • Top of Mind Brand Awareness Tiner.
    • Market Penetration Tiner.
    • Market Share by Brand Share Tiner.

    A. Top of Mind Brand Awareness Tiner

    Top of mind brand awareness tiner atau merek yang paling diketahui oleh konsumen mengenai produk tiner memiliki hasil yang cukup menarik. Gambaran hasil risetnya dapat dilihat pada grafik di bawah.

    Hasil riset kami menunjukkan terdapat 70,12% rumah tangga yang tidak mengetahui merek tiner. Angka ini tergolong tinggi untuk tingkat pengenalan merek.

    Mengapa hal ini bisa terjadi? Salah satu penyebabnya adalah rumah tangga sebagai konsumen terakhir (end users) banyak yang tidak langsung membeli tiner. Biasanya saat mereka ingin mengecat ulang rumahnya, konsumen mempercayakan kebutuhan pengecatan ulang rumah tersebut kepada tukang/buruh bangunan maupun vendor. Merek apapun yang dibeli oleh tukang maupun vendor, akan diterima saja oleh konsumen.

    Terlepas dari hal ini, hasil riset kami menunjukkan terdapat sepuluh merek yang berhasil muncul di pasar. Lima merek teratas di antaranya sebagai berikut:

    1. Impala dengan tingkat pengenalan merek 9,87%.
    2. Cobra dengan 8,02%.
    3. Jotun dengan 6,63%.
    4. N.D. dengan 2,64%.
    5. Semut Hitam dengan 1,47%.

    B. Market Penetration Tiner

    Market penetration tiner atau penetrasi tingkat penggunaan produk tiner oleh konsumen (rumah tangga) di Indonesia masih tergolong sangat rendah. Hasil riset kami terlihat dalam grafik di bawah.

    Berdasarkan hasil riset kami, secara total tingkat penggunaan produk tiner oleh konsumen hanya 3,37%. Artinya ada sekitar 96-97% rumah tangga yang tidak menggunakan produk tiner dalam setahun terakhir.

    Seperti telah disampaikan sebelumnya, hasil riset ini berdasarkan tingkat konsumsi masyarakat. Bukan dari penggunaan/pembelian dari ritel maupun vendor bangunan.

    C. Market Share by Brand Share Tiner

    Market share by brand share tiner atau pangsa pasar berdasarkan tingkat konsumsi produk tiner menampilkan tujuh merek. Detail dapat dilihat pada grafik di bawah ini.

    Hasil riset kami menunjukkan merek Impala memiliki pangsa pasar yang paling besar. Hampir dua kali lipat dari kompetitor terdekatnya.

    Selanjutnya, secara berturut-turut untuk urutan ketiga hingga ketujuh adalah N.D, Cobra, Semut Hitam, Seiv, dan Rajawali.

    D. Penutup

    Secara keseluruhan, penetrasi untuk produk tiner ini masih berpotensi lebih besar. Argumentasi yang dapat mendukung ini adalah kelompok rumah tangga yang memiliki rumah ingin merenovasi atau bahkan hanya untuk mengecat rumahnya akan selalu ada. Bahkan jumlahnya bisa sejalan dengan penetrasi cat.

    Lihat hasil riset konsumen dalam versi Data Story di Flourish melalui tombol di samping.

    Login
    X