• Insight
  • /
  • 14/08/2023
  • Riset Konsumen Perangkat Audio 2023 | Data Story

  • Sigi Digital
  • Aug 14, 2023
  • Riset Konsumen Perangkat Audio 2023 - Indonesia Data

    Riset konsumen terbaru dari Talenta Data Indonesia (Indonesia Data) mengenai produk perangkat audio (seperti speaker, home theater) telah dirilis. Dalam artikel ini, mari kita bahas 3 variabel, yakni:

    • Top of Mind Brand Awareness Perangkat Audio.
    • Market Penetration Perangkat Audio.
    • Market Share by Brand Share Perangkat Audio.

    A. Top of Mind Brand Awareness Perangkat Audio

    Top of mind brand awareness perangkat audio atau merek yang paling diketahui oleh konsumen mengenai produk perangkat audio memunculkan jawaban berupa merek yang beragam. Konsumen mampu menghadirkan lebih dari sepuluh merek yang berbeda.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Dengan cukup banyaknya muncul merek yang berbeda untuk perangkat audio ini, menunjukkan masyarakat (konsumen) memiliki ragam pilihan yang ada di pasar.

    Tingkat ketidaktahuan merek oleh konsumen meskipun masih berada di 35,11%, ini tidak menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi produsen perangkat audio. Sebab lebih banyak konsumen yang tahu mengenai merek perangkat audio ketimbang yang tidak tahu. Bahkan ada sekitar 1,12% yang menyebut merek selain yang muncul pada hasil riset kami.

    B. Market Penetration Perangkat Audio

    Market penetration perangkat audio atau penetrasi tingkat penggunaan perangkat audio oleh konsumen (rumah tangga) masih tergolong rendah.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Hasil riset kami menunjukkan ada 15,64% konsumen yang memiliki/menggunakan produk perangkat audio di rumahnya. Sedangkan yang tidak memiliki/menggunakan ada 84,35%.

    C. Market Share by Brand Share Perangkat Audio

    Market share by brand share perangkat audio atau pangsa pasar berdasarkan tingkat penggunaan perangkat audio memiliki hasil yang menarik. Terdapat empat belas merek yang muncul di pasaran.

    Lihat grafik di bawah ini.

    Hasil riset kami menunjukkan merek Polytron memiliki pangsa pasar terbesar. Unggul hampir dua kali lipat dari kompetitor terdekat yakni Sony.

    Berikut lima merek teratas yang menguasai pangsa pasar perangkat audio.

    1. Polytron (44%);
    2. Sony (16,58%);
    3. Samsung (10,47%);
    4. Sharp (9,23%);
    5. Pioneer (7,51%).

    D. Penutup

    Riset konsumen mengenai produk perangkat audio secara keseluruhan kompetitif. Terlihat dari banyaknya merek yang muncul di pasar dan tingkat penetrasi yang lebih dari 15%. Hal ini tentunya bakal mendorong bagaimana produsen dapat terus memperluas jangkauan pasarnya.

    Lihat hasil riset konsumen dalam versi Data Story di Flourish melalui tombol di samping.

    Unduh atau beli laporan dan datanya melalui tautan produk berikut.

    Login
    X