• Insight
  • /
  • Riset Konsumen: Mengukur Kinerja Suatu Merek

  • Admin ID
  • Apr 06, 2022
  • riset konsumen

    Ketika anda pergi ke warung atau mini market untuk membeli makanan ringan, anda akan melihat ragam merek yang tersedia. Dari ragam merek itu, akhirnya anda membeli satu atau dua merek dari makanan ringan itu. Keputusan yang pada akhirnya anda membeli makanan ringan dari merek A adalah perilaku anda sebagai konsumen dari merek tersebut.

    Ilustrasi di atas merupakan gambaran cara kerja riset konsumen. Jadi, apa itu riset konsumen?

    Pengertian dan Ruang Lingkup

    Riset konsumen adalah upaya penelitian/riset untuk menyelidiki dan mengetahui perilaku konsumen terhadap pemenuhan kebutuhan dari suatu produk. 

    Contoh, sebuah riset konsumen mengenai produk Multivitamin Penambah Darah. Riset konsumen multivitamin penambah darah memberikan gambaran bagaimana tingkat penerimaan produk di masyrakat (pasar), bagaimana pola perilaku konsumen terhadap produk, apakah masyarakat tahu mengenai produk hingga kepada apakah produk itu populer atau paling banyak digunakan/dikonsumsi oleh konsumen.

    Ketika kita berbicara sebuah produk, tentu tidak bisa lepas dari merek atau brand. Selain dari mengukur perilaku konsumen, riset konsumen juga dapat mengukur kinerja suatu merek. 

    Misalkan dari produk Multivitamin Penambah Darah di atas, selain kita mengetahui tingkat penerimaan produk, kita juga dapat mengetahui merek-merek apa saja yang menjadi produsen dari produk Multivitamin Penambah Darah. Dengan demikian riset konsumen juga mampu mengukur dan mengidentifikasi persaingan antar merek.

    produk kategori - multivitamin penambah darah
    Data hasil riset konsumen mengenai produk farmasi Multivitamin Penambah Darah. Sumber: Indonesia Data.

    Indonesia Data: Ecommerce Data Riset Konsumen dan Riset Industri

    Hadir sebuah pertanyaan, dimanakah saya dapat memperoleh data mengenai riset konsumen? 

    Saat ini telah hadir Indonesia Data sebagai platform digital berupa ecommerce data yang menyajikan data hasil riset konsumen dan riset industri. Hasil riset ini dapat dibeli oleh siapa saja dengan harga terjangkau dan dapat dipergunakan untuk kebutuhan apa pun seperti pemenuhan kebutuhan data untuk karya tulis ilmiah, argumentasi empiris untuk mengetahui performa merek bagi pemilik merek/brand dan keperluan lainnya yang relevan dalam bidang riset pasar (market research) dan riset industri (industrial research).

    Dari mana Indonesia Data memperoleh datanya?

    Sumber data kami adalah dengan melakukan riset secara independen dan patuh dengan standar/prosedur ilmiah. Dari riset desain, metodologi, teknik pengambilan data, teknik analisis data hingga publikasi laporan. Oleh karenanya, data yang kami publikasikan dapat kami jamin validitas dan realibitasnya.

    Login
    X