• Insight
  • /
  • 06/04/2022
  • Riset Konsumen: Pembahasan dan Kegunaan

  • Admin ID
  • Apr 06, 2022
  • riset konsumen bahasan dan kegunaan

    Pada artikel sebelumnya, Riset Konsumen: Mengukur Kinerja Suatu Merek, kita telah membedah dengan ringkas yang dimaksud dengan riset konsumen. Riset konsumen adalah upaya penelitian/riset untuk menyelidiki dan mengetahui perilaku konsumen terhadap pemenuhan kebutuhan dari suatu produk.

    Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam apa saja yang dibahas dalam riset konsumen dan kegunaannya.

    ilustrasi pembelajaran di dalam kelas
    Ilustrasi pembelajaran.

    Salah satu tujuan dari riset konsumen adalah mengukur kinerja suatu merek atau dikenal dengan istilah brand performance. Lalu, apa saja yang menjadi pembahasan dalam sebuah riset konsumen maupun brand performance?

    Di Indonesia Data, tersedia dengan lengkap bila anda membutuhkan data mengenai riset konsumen. Kami menyediakan data berupa dataset dan dashboard excel untuk kebutuhan retail serta laporan bisnis untuk kebutuhan individu/perusahaan/lembaga yang lengkap dan komprehensif.

    Kesempatan kali ini, kita mencoba mengulik pembahasan/materi riset dari riset konsumen yang diambil dari Kategori Produk: Farmasi dengan Produk turunan: Multivitamin Penambah Darah.

    Pembahasan & Kegunaan

    1. Penetrasi

    Penetrasi Multivitamin Penambah Darah 2020

    Penetrasi merupakan variabel untuk mengetahui tingkat penerimaan suatu produk di pasaran. Data kuantitatif yang diperoleh menunjukkan seberapa besar tingkat penerimaan produk tersebut oleh masyarakat. 

    Penetrasi dapat berupa tingkat penggunaan jika produk tersebut merupakan produk non makanan/minuman dan juga dapat berupa tingkat konsumsi jika produk tersebut merupakan produk makanan/minuman.

    Kegunaan dari hasil riset ini adalah kita dapat mengetahui apakah produk dari multivitamin penambah darah ini banyak dikonsumsi oleh konsumen atau tidak.

    2. Profil Konsumen Berdasarkan SES

    Profil Konsumen Multivitamin Penambah Darah Berdasarkan SES 2020

    Profil konsumen berdasarkan SES merupakan variabel untuk mengetahui tipe konsumen yang menggunakan produk berdasarkan Socio-Economic Status atau Status Sosial Ekonomi. Data kuantitatif yang diperoleh menunjukkan seberapa besar kelompok SES dalam menggunakan produk. 

    Kegunaan dari hasil riset ini adalah kita dapat mengetahui distribusi berdasarkan kelompok SES yang mengonsumsi produk dari multivitamin penambah darah.

    3. Perbandingan Profil Konsumen Antar Merek

    Perbandingan Profil Konsumen Multivitamin Penambah Darah Antar Merek 2020

    Perbandingan profil konsumen antar merek adalah variabel untuk mengetahui perandingan/komperasi profil konsumen berdasarkan demografi kota, gender, usia, SES dan pendidikan terhadap suatu merek.

    Kegunaan dari hasil riset ini adalah kita dapat mengetahui secara keseluruhan perbandingan profil konsumen yang mengonsumsi merek dari produk multivitamin penambah darah berdasarkan kota, gender, usia, SES dan pendidikan.

    Tiga poin pembahasan di atas adalah bagian dari pembahasan riset konsumen tentang Profil Pasar.  Secara ringkas, bagian profil pasar adalah cara untuk mengetahui bagaimana suatu produk dapat diterima atau digunakan (konsumsi) oleh masyarakat secara umum.

    Artikel berikutnya kita akan melanjutkan pembahasan riset konsumen. Artikel mengenai Riset Konsumen: Pembahasan dan Kegunaan akan kami bagi menjadi tiga bagian yang berkelanjutan.

    Login
    X