• Insight
  • /
  • 06/04/2022
  • Riset Konsumen: Pembahasan dan Kegunaan Bagian 3

  • Admin ID
  • Apr 06, 2022
  • riset konsumen bahasan dan kegunaan bagian 3

    Kita telah berada di bagian terakhir dalam seri artikel Riset Konsumen: Pembahasan dan Kegunaan. Untuk memudahkan anda dalam membaca artikel sebelumnya, berikut tautan yang tersedia.

    Jadi, apa saja yang menjadi pembahasan dalam riset konsumen? Dari 2 artikel sebelumnya, bahasan mengenai riset konsumen meliputi:

    1.  Profil Pasar
      • Penetrasi
      • Profil Konsumen (Profil Konsumen Berdasarkan SES)
      • Perbandingan Profil Konsumen Antar Merek
    2. Perilaku Konsumen
      • Merek yang Pernah Dikonsumsi
      • Market Share
      • Merek yang Paling Sering Dikonsumsi Sebelumnya
      • Merek Terakhir Kali Dikonsumsi
      • Merek yang Akan Dibeli
    ilustrasi marketing research
    Ilustrasi riset pemasaran.

    Dalam artikel bagian terakhir ini (Riset Konsumen: Pembahasan dan Kegunaan Bagian 3), pembahasan materi/konten dari riset konsumen mengenai Kinerja Pemasaran Antar Merek. Secara ringkas, bagian kinerja pemasaran antar merek adalah cara untuk mengetahui bagaimana suatu merek mendapatkan posisi di pasaran.

    Variabel untuk mengukur kinerja pemasaran antar merek dapat berupa awareness merek, persepsi merek terbaik, kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap merek dan kesediaan merekomendasikan merek.

    Pembahasan & Kegunaan (Bagian 3)

    9. Awareness Merek

    Awareness Merek Multivitamin Penambah Darah 2020

    Awareness merek adalah variabel untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan konsumen terhadap merek suatu produk.

    Data kuantitatif yang diperoleh dapat menggambarkan merek mana saja yang paling populer atau merek yang kurang populer di masyarakat.

    Kegunaan dari hasil riset ini adalah kita dapat mengetahui merek dari produk multivitamin penambah darah yang paling diketahui/diingat oleh konsumen (top of mind).

    10. Persepsi Merek Terbaik

    Persepsi Merek Multivitamin Penambah Darah Terbaik 2020

    Persepsi merek terbaik adalah variabel untuk mengetahui merek terbaik dari suatu produk dari sudut pandang konsumen.

    Data kuantitatif yang diperoleh dapat menggambarkan merek mana saja yang dinilai terbaik oleh masyarakat.

    Kegunaan dari hasil riset ini adalah kita dapat mengetahui merek dari produk multivitamin penambah darah yang dianggap terbaik oleh konsumen.

    11. Kepuasan dan Loyalitas Konsumen

    Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Multivitamin Penambah Darah 2020

    Kepuasan konsumen atau Brand Satisfaction Index (BSI) adalah suatu nilai yang mengukur seberapa kuat suatu merek dapat memuaskan konsumen.

    Loyalitas konsumen atau Brand Loyalty Index (BLI) adalah ukuran loyalitas konsumen terhadap suatu merek. Ukuran loyalitas merek ini dapat memberikan gambaran tentang mungkin tidaknya konsumen beralih ke merek lain, terutama jika merek tersebut mengalami perubahan baik menyangkut harga maupun atribut lain. 

    12. Kesediaan Merekomendasikan Merek

    Kesediaan Merekomendasikan Merek Multivitamin Penambah Darah 2020

    Rekomendasi merek atau brand referral adalah variabel untuk mengetahui seberapa besar kesediaan konsumen untuk merekomendasikan merek yang dikonsumsi/digunakannya kepada orang lain.

    Rekomendasi merek dari orang lain (teman, saudara atau ahli di bidang tertentu) merupakan alat komunikasi pemasaran yang sangat efektif dan efisien.

    Efektif dalam arti informasi merek yang direkomendasikan tersebut akan langsung menjadi bahan rujukan dalam membuat keputusan membeli suatu merek.

    Dikatakan efisien karena biaya yang dikeluarkan oleh pemegang merek untuk menggerakkan komunikasi pemasaran semacam ini (secara langsung) hampir tidak ada.

    Login
    X