Image Feature Coffee Shop

Bisakah Data Meningkatkan Omzet dan Value Bisnis UMKM Kedai Kopi?

Pertanyaan di atas cukup tricky, tapi apakah bisa? Kuncinya ada di literasi data dan melihat peluang terbaik.

Bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang coffee shop atau kedai kopi sudah merasakan bagaimana persaingan bisnis ini. Terlebih pandemi Covid-19 yang telah melanda lebih dari satu tahun (sejak Maret 2020). Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dengan pemulihan ekonomi nasional dan upaya bersama untuk memutus penyebaran virus dengan menerapkan protokol kesehatan, bisnis kedai kopi terlihat sudah mulai membaik.

Menurut Renaldy Wicaksono, terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat dalam menyeduh kopi di kedai kopi. “Pandemi ini memang agak berat. Kebanyakan orang minum kopi datang ke tempat dan ramainya di atas jam 7 malam. Dampaknya sangat terasa, bukan hanya bagi kedai kopi, tapi seluruh pengusaha F&B juga merasakan,” ungkapnya pada Market Review IDX Channel. 

Sekumpulan anak muda sedang berbincang di kedai kopi.
Illustrasi beberapa anak muda berbincang di kedai kopi.

Konsultan Food and Beverage ini pun menambahkan bahwa persaingan bisnis kedai kopi masih menarik. Pemilik usaha kedai kopi akan bersaing memperebutkan pelanggan dengan sajian minuman kopi berkualitas, harga, hingga konsep gerai. Hal ini yang menjadi daya tarik kedai kopi bagi konsumen.

Bila melihat data dari Indonesia Data mengenai persebaran kedai kopi di Indonesia pada tahun 2019, persebaran kedai kopi sudah merata di seluruh Indonesia yang mana hampir setiap provinsi telah memiliki kedai kopi lebih dari 50 gerai.

Selain itu, pertumbuhan kedai kopi di Indonesia juga sangat potensial, setiap tahunnya memiliki tren yang positif. Hal demikian sangat bisa dimanfaatkan bagi pebisnis yang akan terjun di kedai kopi atau pun pebisnis yang sudah terjun duluan tapi masih belum mampu untuk meningkatkan omzet dan value bisnis yang dimilki.

Kunci dalam meningkatkan omzet dan value bisnis di bidang kedai kopi adalah kita mampu untuk menginterpretasikan data bisnis dengan akurat agar keputusan bisnis yang diambil tidak misleading. Selain itu, momentum pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 juga harus dilihat sebaik mungkin dan sejeli mungkin. Momen ini bisa dimanfaatkan dengan memulai ide bisnis yang kecil, sederhana, dan unik yang mampu beradaptasi dengan pola kebiasaan baru seperti penerapan bisnis dengan protokol kesehatan maupun bisnis yang lebih ramah lingkungan.

Oleh karena itu, pemahaman akan literasi data dapat dibangun bila kita memahami seberapa penting data tersebut dan seberapa berpengaruh data dalam memberikan gambaran utuh suatu bisnis dan berperan dalam mengambil keputusan bisnis. Indonesia Data hadir sebagai platform digital yang menyediakan beragam data untuk kebutuhan anda. Data yang tersedia berupa data hasil riset pemasaran, riset industri, dan riset perilaku konsumen yang primer, valid, dan reliabel.

Studi Industri dan Perilaku Konsumen Kopi Indonesia 2020

Dapatkan insight dan laporan berupa hasil riset bisnis tentang Industri dan Perilaku Konsumen Kopi di Indonesia

Sampel Buku Buku Digital (Lengkap)

Post a Comment

Kategori Artikel

promo voucher belanja hingga akhir tahun 2021
Dapatkan Voucher Belanja Hingga Akhir Tahun 2021 by in Blog

Ilustrasi Promo Belanja / Canva Pro License Hai, Soba ...

23 Jul, 2021 5  Person Liked it

Variabel dan analisis SES
Variabel dan Analisis SES by in Blog

Pada artikel sebelumnya, kita telah mengetahui pengertian da ...

23 Jul, 2021 5  Person Liked it

Data Covid-19 Indonesia
Data Covid-19 Indonesia (Monthly Update) by in Infografis Data

INFOGRAFIS - Pandemi Covid-19 di Indonesia telah berlangsung ...

18 Jul, 2021 6  Person Liked it

WA Sekarang!
1
Butuh bantuan?
Halo, Ada yang bisa kami bantu untuk halaman Bisakah Data Meningkatkan Omzet dan Value Bisnis UMKM Kedai Kopi??