social-media

Mengenal User Generated Content

User-Generated Content (UGC) atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Konten Buatan Pengguna adalah konten yang terkait dengan suatu brand (merek) dibuat oleh seseorang yang bukan merupakan perwakilan resmi bisnis dari merek itu. Instapage menambahkan konten bisa berupa pembaruan media sosial, ulasan, video, podcast atau jenis lainnya yang melibatkan sebuah merek dan tidak ada afiliasi merek terhadap konten yang dibuat dan diterbitkan sendiri oleh pengguna.

social-media
Ilustrasi. Foto oleh Cristian Dina dari Pexels.

Perkembangan saat ini, teknik UGC dapat menjadi perpanjangan tangan agar bisnis anda dapat dilirik banyak orang bahkan menjadikan mereka sebagai pelanggan. Menurut sebuah studi oleh TunrTo Networks, 90% konsumen mengatakan UGC lebih berpengaruh terhadap keputusan pembelian daripada email promosi dan bahkan hasil mesin pencari.

Bagaimanakah User-Generated Content itu berjalan? Teknis seperti ada sebuah brand sepatu lari, terus kamu sebagai pengguna brand sepatu lari tersebut membuat ulasannya dan kamu posting di kanal media sosial dengan menandai brand sepatu lari itu. Tanpa disengaja, konten yang kamu buat mempengaruhi teman-teman kamu untuk membeli sepatu itu dan banyak respon positif dari orang-orang. Inilah yang disebut User-Generated Content.

Dalam pemasaran digital saat ini, cukup sulit bagi sebuah brand baru untuk dapat menerapkan UGC. Pada umumnya, brand yang telah diterima masyarakatlah yang mampu mendapatkan loyalitas pelanggan dalam keinginannya untuk membuat Konten Buatan Pengguna.

Apakah brand bisa menempatkan konten UGC di halam bisnis mereka? Meskipun brand ditandai oleh pengguna di media sosial, langkah yang baik adalah tetap meminta izin untuk memproduksi ulang konten itu. Bagaimanapun, inti dari UGC adalah tidak adanya keterlibatan awal oleh brand.

Di sinilah terletak perbedaan antara UGC dengan influencer (pemengaruh) dan brand ambassador (duta/perwakilan resmi) yang mana UGC dibuat oleh atas kemauan sendiri tanpa ada rewards (imbalan) dari brand. Sedangkan influencer dan brand ambassador menampilkan produk dari brand yang sudah terafiliasi sebelumnya.

Dilansir dari Hootsuite Blog, terdapat tiga alasan utama UGC adalah strategi pemasaran utama yang tidak dapat diabaikan.

1. Mempromosikan keaslian
Konsumen 2,4 kali lebih mungkin melihat konten buatan pengguna sebagai konten asli dibandingkan konten yang dibuat oleh merek. Hal demikian mendorong kredibilitas yang penting, karena kebanyakan orang mengatakan hanya setengah dari konten produk yang dibuat oleh merek merupakan konten yang otentik.

2. Ciptakan kepercayaan
Baik itu produk, layanan, atau pengalaman, konsumen modern ingin tahu apa yang akan mereka dapatkan sebelum memesan. Misalnya, 30 persen generasi milenial tidak akan pergi ke restoran jika keberadaan Instgram di lokasi tersebut tidak memuaskan. Mereka hanya tidak percaya bahwa pengalaman akan menjadi apa yang mereka cari.

3. Dorong keputusan pembelian
Semua manfaat sebelumnya dari konten buatan pengguna benar-benar mengarah pada yang satu ini: dampak pada keputusan pembelian. Dan itu masalah besar. Hampir 80 persen orang mengatakan UGC berdampak tinggi pada keputusan pembelian mereka.

Kesimpulan yang dapat ditarik adalah User-Generated Content (UGC) merupakan kampanye yang berkesinambungan dan memerlukan tahapan-tahapan dalam pemasaran kekinian. Baik dari aspek produk maupun aspek layanan purna jual. Satu hal yang yang bisa kita sepakati sebagai pemasar adalah membangun kepercayaan dan loyalitas kepada pelanggan terhadap merek bisnis yang kita kelola membutuhkan usaha yang terukur.

Post a Comment

Kategori Artikel

promo voucher belanja hingga akhir tahun 2021
Dapatkan Voucher Belanja Hingga Akhir Tahun 2021 by in Blog

Ilustrasi Promo Belanja / Canva Pro License Hai, Soba ...

23 Jul, 2021 5  Person Liked it

Variabel dan analisis SES
Variabel dan Analisis SES by in Blog

Pada artikel sebelumnya, kita telah mengetahui pengertian da ...

23 Jul, 2021 5  Person Liked it

Data Covid-19 Indonesia
Data Covid-19 Indonesia (Monthly Update) by in Infografis Data

INFOGRAFIS - Pandemi Covid-19 di Indonesia telah berlangsung ...

18 Jul, 2021 6  Person Liked it

WA Sekarang!
1
Butuh bantuan?
Halo, Ada yang bisa kami bantu untuk halaman Mengenal User Generated Content?